Mentan Terkejut Terkait Harga Telur




Jakarta- Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan saat ini Indonesia tidak kekurangan pasokan bawang merah, daging ayam, dan telur ayam. Dia mengklaim harga ecer tertinggi ayam potong Rp 32 ribu di pasaran.

Namun, berdasarkan data statistik Kementerian Perdagangan, rata-rata nasional harga daging ayam ras Rp 36.176. Mengetahui hal tersebut Amran terkejut. "Jangan naikkan harga, karena produksi kita berlebih," ujar dia di kantor Kementan, Senin, 21 Mei 2018.

Selain daging ayam, kenaikan terjadi pada harga telur ayam ras. Berdasarkan data statistik Kementerian Perdagangan, pada Ramadan 2017, harga telur ayam ras sebesar Rp 22.794-Rp 23.050. Sedangkan tahun ini harga telur ayam ras sebesar Rp 24.245- 26.181.

Amran mengancam kartel-kartel yang memainkan harga, khususnya untuk produk pertanian, akan dicabut surat rekomendasinya. Kartel tersebut pun tidak mengizinkan berbisnis di Indonesia lagi. "Aku enggak beri ampun," ucap dia.


Menurut Amran, seharunya harga daging dan telur ayam ras tidak naik. Bahkan dia menyebutkan seharusnya berangsur turun karena produksi daging dan telur sudah berlebih.

Menteri Pertanian mengatakan kondisi pasar di Indonesia memang unik dan tidak sehat. Karena, dia mengklaim stok pangan dan harga pangan aman, namun di lapangan tetap terjadi kenaikan. "Tolong jangan ganggu orang yang sedang berpuasa, seharusnya turun (harganya)," tutur Amran Sulaiman.



Komentar