Bimbingan Teknis Perencanaan dan Anggaran Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2021 Bogor, 29 – 30 Maret 2021


31 Mar 2021 18:39:24


Sektor Pertanian mempunyai peranan penting dan sangat mendasar bagi kehidupan masyarakat. Dalam kondisi apapun sektor pertanian tetap harus hidup dan berjalan karena berhubungan dengan penyediaan kebutuhan pangan bagi masyarakat. Terlebih di era Pandemi Covid-19 ini, dalam kondisi saat ini yang masih diliputi keprihatinan akibat adanya Pandemi Covid-19, tentu bisa kita lihat pengaruhnya sangat nyata terhadap laju pembangunan di Indonesia, termasuk di dalamnya sektor pertanian yang merupakan salah satu sektor yang strategis karena perannya dalam menyediakan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia. Perubahan strategis lingkungan global akibat Pandemi Covid-19 di antaranya peringatan FAO tentang kemungkinan musim kemarau Panjang dan ancaman krisis pangan, restriksi ekspor pangan global dan lainnya akan berpengaruh pada penyediaan pangan kita.

 Perencanaan pembangunan pertanian menjadi mutlak harus dilaksanakan dengan baik. Proses perencanaan pembangunan pertanian harus lakukan oleh SDM – SDM terbaik untuk dapat mengidentifikasi permasalahan - permasalahan pembangunan pertanian yang dikaitkan dengan sumber - sumber pembangunan yang dapat diusahakan, tujuan serta sasaran rencana yang ingin dicapai, kebijakan dan cara untuk mencapai tujuan dan sasaran, pemilihan alternatif yang terbaik, dan penterjemahan dalam program-program atau kegiatan - kegiatan usaha yang konkrit.

Bimbingan teknis perencanaan dan penganggaran yang akan dilaksanakan ini atas dasar pertimbangan akan pentingnya peranan para perencana dalam proses perencanaan pembangunan pertanian. Para perencana harus terus menerus diasah dan ditambah kemampuannya baik melalui Pendidikan formal, diklat, pelatihan maupun Bimbingan Teknis seperti ini. Melalui bimtek ini, pentingnya kualitas perencanaan dan dampaknya terhadap penyelenggaraan pembangunan pertanian dalam rangkaian penyusunan perencanaan program, kegiatan dan anggaran TA. 2022 yang tidak lama lagi akan dimulai prosesnya, maka seluruh peserta bimtek ini dari Unit Kerja Sekretariat Itjen dan Ditjen/Badan lingkup Kementerian Pertanian dapat meningkatkan kapasitasnya dari sisi keilmuan teknis rumpun pertanian maupun kebijakan peraturan perundangan pengelolaan keuangan negara.

Acara ini menghadirkan pembicara dan pakar yang memiliki keahlian pada bidang masing masing. Adapun narasumber yang hadir dalam memberikan arahannya berasal dari berbagai sumber diantaranya dari Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas; Direktur Pangan dan Pertanian, Kementerian PPN/Bappenas; Direktur Ekontim, DJA; Kemenkeu Learning Center dan dari Widyaiswara yang juga pernah menjabat Kepala Biro Perencanaan Tahun 2012-2014 Dr. Ir Winny Dian Wibawa, M.Sc.



Komentar