Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Analisis Data Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan Pertanian


02 Apr 2021 16:07:27


Depok, (01/04/2021). Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Analisis Data Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan Pertanian di The Margo Hotel, Depok pada Kamis, 1 April 2021.

Acara ini bertujuan untuk konsolidasi awal Tim dalam analisis data perencanaan dan kebijakan pertanian. Acara dipimpin oleh Koordinator Substansi Kebijakan dan Program, Dr. Ranny Mutiara Chaidirsyah, dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan, Dr. Ir. I Ketut Kariyasa dilanjutkan Arahan oleh Staf Khusus Menteri Bidang Kebijakan Pertanian (Prof. Imam Mujahidin F).

Dalam pembukaannya, Ketut Kariyasa menyampaikan ucapan terimakasih dan keyakinannya tim yang terbentuk akan mampu melaksanakan tugas dengan baik.

"Ada banyak pakar dari PSEKP, BPS, BKP, PSP, Kemendagri, yang semua berpengalaman di bidangnya, saya yakin semua tugas yang diberikan bisa selesai dengan baik," ujar Ketut

Imam Mujahidin yang hadir dalam FGD tersebut juga percaya bahwa squad tim ini akan mampu membawa Kementerian Pertanian lebih kuat kedepannya, utamanya dalam hal analisis data, kebijakan, dan publikasi.

"Tulisan yang baik itu harus bisa diterjemahkan dalam bentuk kebijakan (policy brief/policy paper) dan bisa di publish dalam jurnal bereputasi tinggi," jelas Imam

Guru Besar UNHAS itu juga menyebut bahwa Food Estate, Rawa, Kalimantan, Korporasi Petani itu contoh kata kunci yang seksi untuk diangkat dalam publikasi internasional dan baha rumusan kebijakan karen memiliki kebaruan.



Komentar