Menelisik Anggaran Kementerian Pertanian 2019




Kepala Biro Perencanaan DR. Ir.Kasdi Subagyono,MSc, memberikan arahan pada acara Reviu Pagu Anggaran 2019 Lingkup Kementerian Pertanian hari ini kamis  (26/7/2018) di Jakarta.

Proses perencanaan terkait pengalokasian anggaran tahun 2019 sudah dimulai, Kementerian Pertanian dalam hal ini Biro perencanaan Bersama Inspektorat jenderal kementan, yang tergabung dalam APIP (Aparat Pengawas Instansi Pemerintah) bersinergi dalam mereviu Pagu Anggaran Kementerian Pertanian, agar sesuai dengan arah kebijakan pemerintah. 

Kegiatan prioritas pada tahun 2019, fokus untuk pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar (Pendidikan, kesehatan, pemukiman dan beberapa pelayanan dasar lainnya) yang menunjang dan mengarah pada peningkatan SDM rakyat Indonesia.

Kegiatan Kementerian Pertanian di 2019 sesuai surat Kepala Bappenas dan Menteri Keuangan No S-536/MK.02/2018 dan B.400/M.PPN/D.8/KU.01.01/07/2018 disampaikan bahwa Kementerian Pertanian pada tahun 2019 ini focus pada peningkatan ekspor, nilai tambah produk pertanian, Percepatan peningkatan ekspor dan nilai tambah industry pengolahan, percepatan peningkatan keahlian tenaga kerja sector pertanian, pengembangan IPTEK dan Inovasi dalam rangka mendukung peningkatan produktifitas. Secara makro Kementerian Pertanian mengemban amanah dalam rangka peningkatan produksi, akses dan kualitas konsumsi pangan.

Kasdi subagyono (kepala Biro Perencanaan) menjabarkan secara gamblang bahwa dalam mengalokasikan anggaran tidak ada lagi kompromi artinya tidak sekedar membagi habis anggaran, tetapi harus focus pada upaya pencapaian target prioritas. “ ndak bisa sekarang menggunakan prinsip sama rata sama rasa atau bagi bagi kue saja”, Tegasnya.

Moment reviu ini sebagai langkah awal dalam menelisik anggaran Kementerian Pertanian, dan mencermati anggaran yang diajukan dari daerah, tidak boleh asal asalan mengusulkan kegiatan ,  langsung coret saja yang menyimpang, Pungkas kasdi.

Kegiatan Reviu ini sebagai satu rangkaian proses perencanaan, diharapkan melalui proses reviu tidak ada lagi anggaran yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Oleh karena itu Biro Perencanaan sebagai koordinator lingkup Kementerian Pertanian selalu tegas dan tertib dalam mengawal proses perencanaan. (dm)



Komentar