MENTAN SYL Ekspor


25 Nov 2019 10:15:12


Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), melepas 6 container berisi 64,77 ton produk olahan unggas, dan 10 container berisi 200 ton pakan ternak untuk diekspor ke pasar Jepang dan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL). Produk peternakan asal Indonesia yang diekspor tersebut mencapai nilai Rp. 2,51 Milyar. 

SYL menegaskan bahwa acara ekspor seperti ini bukan seremoninya saja tetapi mari bantu kementan untuk merealisasikan akselerasi ekspor, bukan dibesarkan seremoninya tapi ekspornya harus besar juga. Seperti diketahui Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki standar keamanan pangan yang sangat tinggi, keberhasilan Indonesia menembus pasar negara yang sering disebut dengan Negara Sakura tersebut, membuat Syahrul sangat optimis akan peningkatan performa ekspor produk pertenakan di tanah air. 

SYL kembali mengingatkan arti penting idealisme Kebangsaaan, mari bersyukur kita semua sudah terlahir di Indonesia, negara kita ini negara besar, potensi alamnya sangat besar, kita bicara realistis saja, impor masih perlu tetapi kami menargetkan untuk di kurangi, dan mendorong ekspor sebesar-besarnya, mari kita bersama sama mengangkat Indonesia di mata Dunia. Kita bisa kog, pungkasnya.

Dalam kebijakan internal kementan saat ini di bawah kepemimpinan Mentan SYL, instruksi kebawahnya jelas, untuk seluruh Eselon I teknis, diminta untuk memaksimalkan potensi Ekspor dan investasi di semua komoditas pertanian, hal ini sebagai langkah sektor pertanian mendukung dan meningkatkan perekonomian bangsa.

Jumlah penduduk yang meningkat setiap tahunnya, Kementerian Pertanian bersama stakeholder lain berupaya mencukupi kebutuhan pangan rakyat, dengan sinergi bersama sama tidak ada yang tidak mungkin bisa kita capai, ini tugas kita bersama, Pungkasnya.

Hal kecil yang merupakan langkah simple mentan SYL, beliau menyoroti panjangnya birokrasi persuratan, regulasi, perijinan dll di pemerintahan, beliau meminta kepada seluruh jajarannya untuk membuat se simple mungkin, cukup 1 sampe 2 lembar, misalnya surat perjanjian, jangan terlalu berbelit-belit intinya siapa yang salah siap di tangkap KPK dan jajaran hukum lainnya, gitu aja intinya, kelakar SYL.

 

(Dm)



Komentar