Pembukaan Musrembangtan 2019




Menteri Pertanian Amran Sulaiman membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional (Musrenbang) Tahun 2018 dengan mengangkat tema 'Pembangunan Infrastruktur dan Korporasi Petani untuk Percepatan Peningkatan Produksi dan Ekspor Pangan Serta Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin', Senin (21/5).

Amran menyampaikan, pihaknya fokus untuk menyukseskan program Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera). Menurutnya, saat ini ada 16 juta rakyat miskin yang di pedesaan. Dari jumlah itu, 65 persen adalah petani.

Guna mengentaskan kemiskinan petani di pedesaan, Kementan membagi-bagikan ayam kampung bagi rakyat miskin.

“Kami berikan ayam sepuluh juta ekor kepada seluruh masyarakat miskin yang bisa jangkau kurang lebih satu juta jiwa. Dan satu rumah tangga kami kirim 50 ekor ayam,” kata Amran di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Amran mengatakan, ayam tersebut diberikan bukan untuk dijual lagi oleh masyarakat. Melainkan harus dijadikan ayam ternak atau sebagai ayam penghasil telur. Dengan begitu, maka pendapatan penduduk miskin bisa bertambah dan diyakini bisa mengentaskan kemiskinan.

“Pendapatan masyarakat prasejahtera itu Rp 1,4 juta, kalau diberikan ayam 50 ekor mereka bisa meningkatkan (pendapatan) Rp 2,2 juta. Jadi pendapatannya bisa mencapai Rp 3,5 juta. Artinya lepas dari kemiskinan.



Komentar